SECONDARY DATA
Karakteristik
Data Sekunder
Secondary data atau yang biasa kita
sebut dengan data sekunder adalah sebuah data yang merupakan sumber data yang
didapatkan dengan cara yang tidak langsung atau lewat perantara, tetapi masih
dalam berdasarkan pada kategori konsep. Data sekunder juga dapat diartikan
sebagai data yang diperoleh ataupun dikumpulkan dan disatukan oleh studi-studi
sebelumnya.
Keunggulan
dari data sekunder adalah :
- Lebih hemat waktu dan hemat biaya bagi periset, artinya bahwa dengan kita menggunakan data sekunder maka waktu yang kita gunakan akan lebih sedikit dan efisien pula. Dan juga tidak memerlukan banyak biaya untuk menggunakan data sekunder ini.
- Daya cakupnya yang dapat berskala nasional dan internasional, jadi daya cakup yang dimiliki oleh data sekunder ini sudah mencapai daya yang berskala nasional maupun internasional.
- Data dapat diperoleh diluar kemampuan periset, data yang didapat dengan menggunakan data sekunder ini akan mendapatkan hasil yang diluar kemampuan atau data yang sangat bagus yang dilakukan sang periset. Misalnya adalah data BPS.
Kelemahan
dari data sekunder adalah :
- Dalam data sekunder jarang sekali data ini memenuhi tujuan pada proyek penelitian yang dilakukan.
- Data sekunder juga melakukan pengumpulan data untuk tujuan yang berbeda dengan penelitian yang berbeda pula. Ini dapat menimbulkan ketidak validan dalam pengumpulan data dan hasil datanya.
- Informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan pemasaran ini memerlukan informasi yang mutakhir, padahal pada sumber data sekunder ini sangar diperlukan waktu yang lumayan lama untuk proses pengumpulan serta penerbitan datanya.
Kegunaan
dari data sekunder adalah :
- Pemahaman masalah : Dalam data sekunder ini dapat digunakan untuk sarana sebagai pendukung yang digunakan meneliti dan memahami suatu permasalahan yang ada.
- Penjelasan masalah : data ini sangat berguna serta bermanfaat untuk memperjelas suatu masalah dalam penelitian.
- Formulasi Alternative-Alternative Penyelesaian Masalah yang Layak : data sekunder berguna untuk menyediakan alternative lain yang mendukung dalam menyelesaikan masalah yang akan diteliti.
- Solusi Masalah : selain bermanfaat untuk mengidentifikasi suatu masalah, data sekunder juga bermanfaat untuk memberikan solusi bagi suatu permasalahan yang ada terhadap suatu penelitian.
Berdasarkan yang terdapat pada
sumbernya, dalam klasifikasi data sekunder itu terbagi menjadi dua bagian yaitu
data internal dan data eksternal. Data yang murni berasal dari dalam suatu
organisasi itu merupakan data asli yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Dan
data itu dapat kita sebut sebagai data internal. Sedangkan untuk data yang
terdapat dari luar perusahaan atau luar organisasi dapat kita sebut dengan data
eksternal.
Data Internal
Data internal merupakan data
sekunder yang dimiliki, dibuat, disimpan bahkan dihasilkan sendiri oleh suatu
organisasi atau perusahaan. Kebanyakan ogranisasi pasti secara rutin selalu
mengolah maupun menyimpan data yang akan digunakan oleh manajer untuk menangani
suatu masalah yang akan datang nantinya dikemudian hari. Volume penjualan, informasi penjualan, bahkan
informasi pemesanan pun akan dapat diketahui dan diprediksi jika berdasarkan
data yang ada dimasa lampau.
Keunggulan
dari data internal adalah data yang ada dalam data internal ini sudah tersedia
dan juga tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar bagi para periset untuk
mendapatkannya. Dengan begitu, data internal ini dapat menghemat tenaga, biaya
bahkan waktu untuk orang yang akan diriset nantinya.
Kelemahan
dari data internal adalah walaupun dapat menghemat tenaga, biaya, bahkan waktu.
Hanya saja perlu dipahami bahwa data internal ini kebanyakan dijaga
kerahasiaannya. Sehingga periset hanya dapat mengakses data yang akan
didapatkan sejauh dengan riset yang dijalankan.
Data Eksternal
Data
eksternal adalah data-data yang akan diperoleh dari sumber yang berada dari
luar suatu perusahaan atau suatu organisasi. Sumber eksternal ini dapat dibagi
lagi menjadi beberapa sumber yang akan secara teratur nantinya akan menerbitkan
data-data statistik dan menyediakannya secara gratis kepada banyak para
pengguna.
Keunggulan
dari data eksternal adalah dapat menggunakan internet untuk mengolah maupun
mencari datanya. Dengan memanfaatkan internet, periset dapat menghemat banyak
waktu, tenaga, dan biaya guna memperoleh data yang sedang dicari. Ini berarti
sang periset tidak perlu repot-repot lagi datang kekantor atau janjian bertemu
dengan orang yang ingin ia riset.
Kelemahan
dari data eksternal adalah jika kita menggunakan internet, kita belum tahu
pasti bahwa data yang kita cari adalah valid atau tidak. Dan terlebih internet
yang sangat banyak jumlahnya dan mudah diakses. Ini memungkinkan sulitnya
alasan yang menyangkut kelayakan data untuk dipercaya.
DAFTAR PUSTAKA :
- https://books.google.co.id/Riset Bisnis Panduan Bagi Praktisi & Akademisi oleh Dermawan Wibisono
- https://books.google.co.id/Dasar-dasar Riset Pemasaran. Edisi 4, jilid 1
- http://eprints.ung.ac.id/813/7/2013-2-88209-341408024-bab3-09012014064403.pdf
- R. Soedijono. 2008. Suplemen Kuliah: “Metode Riset Bisnis”. Universitas Gunadarma. Jakarta.
- hendri.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/.../DATA+SEKUNDER
artikel yang bagus gan, sangat bermanfaat...
BalasHapusAbsensi Online
Solusi Sales