SECONDARY DATA

 Karakteristik Data Sekunder
            Secondary data atau yang biasa kita sebut dengan data sekunder adalah sebuah data yang merupakan sumber data yang didapatkan dengan cara yang tidak langsung atau lewat perantara, tetapi masih dalam berdasarkan pada kategori konsep. Data sekunder juga dapat diartikan sebagai data yang diperoleh ataupun dikumpulkan dan disatukan oleh studi-studi sebelumnya.

Keunggulan dari data sekunder adalah :
  1. Lebih hemat waktu dan hemat biaya bagi periset, artinya bahwa dengan kita menggunakan data sekunder maka waktu yang kita gunakan akan lebih sedikit dan efisien pula. Dan juga tidak memerlukan banyak biaya untuk menggunakan data sekunder ini.
  2. Daya cakupnya yang dapat berskala nasional dan internasional, jadi daya cakup yang dimiliki oleh data sekunder ini sudah mencapai daya yang berskala nasional maupun internasional.
  3. Data dapat diperoleh diluar kemampuan periset, data yang didapat dengan menggunakan data sekunder ini akan mendapatkan hasil yang diluar kemampuan atau data yang sangat bagus yang dilakukan sang periset. Misalnya adalah data BPS.
Kelemahan dari data sekunder adalah :
  1. Dalam data sekunder jarang sekali data ini memenuhi tujuan pada proyek penelitian yang dilakukan.
  2. Data sekunder juga melakukan pengumpulan data untuk tujuan yang berbeda dengan penelitian yang berbeda pula. Ini dapat menimbulkan ketidak validan dalam pengumpulan data dan hasil datanya.
  3. Informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan pemasaran ini memerlukan informasi yang mutakhir, padahal pada sumber data sekunder ini sangar diperlukan waktu yang lumayan lama untuk proses pengumpulan serta penerbitan datanya.
Kegunaan dari data sekunder adalah : 
  1. Pemahaman masalah : Dalam data sekunder ini dapat digunakan untuk sarana sebagai pendukung yang digunakan meneliti dan memahami suatu permasalahan yang ada.
  2. Penjelasan masalah : data ini sangat berguna serta bermanfaat untuk memperjelas suatu masalah dalam penelitian.
  3. Formulasi Alternative-Alternative Penyelesaian Masalah yang Layak : data sekunder berguna untuk menyediakan alternative lain yang mendukung dalam menyelesaikan masalah yang akan diteliti.
  4. Solusi Masalah : selain bermanfaat untuk mengidentifikasi suatu masalah, data sekunder juga bermanfaat untuk memberikan solusi bagi suatu permasalahan yang ada terhadap suatu penelitian.
            Berdasarkan yang terdapat pada sumbernya, dalam klasifikasi data sekunder itu terbagi menjadi dua bagian yaitu data internal dan data eksternal. Data yang murni berasal dari dalam suatu organisasi itu merupakan data asli yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Dan data itu dapat kita sebut sebagai data internal. Sedangkan untuk data yang terdapat dari luar perusahaan atau luar organisasi dapat kita sebut dengan data eksternal.

Data Internal
Data internal merupakan data sekunder yang dimiliki, dibuat, disimpan bahkan dihasilkan sendiri oleh suatu organisasi atau perusahaan. Kebanyakan ogranisasi pasti secara rutin selalu mengolah maupun menyimpan data yang akan digunakan oleh manajer untuk menangani suatu masalah yang akan datang nantinya dikemudian hari.  Volume penjualan, informasi penjualan, bahkan informasi pemesanan pun akan dapat diketahui dan diprediksi jika berdasarkan data yang ada dimasa lampau.

Keunggulan dari data internal adalah data yang ada dalam data internal ini sudah tersedia dan juga tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar bagi para periset untuk mendapatkannya. Dengan begitu, data internal ini dapat menghemat tenaga, biaya bahkan waktu untuk orang yang akan diriset nantinya.

Kelemahan dari data internal adalah walaupun dapat menghemat tenaga, biaya, bahkan waktu. Hanya saja perlu dipahami bahwa data internal ini kebanyakan dijaga kerahasiaannya. Sehingga periset hanya dapat mengakses data yang akan didapatkan sejauh dengan riset yang dijalankan.

Data Eksternal
Data eksternal adalah data-data yang akan diperoleh dari sumber yang berada dari luar suatu perusahaan atau suatu organisasi. Sumber eksternal ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa sumber yang akan secara teratur nantinya akan menerbitkan data-data statistik dan menyediakannya secara gratis kepada banyak para pengguna.

Keunggulan dari data eksternal adalah dapat menggunakan internet untuk mengolah maupun mencari datanya. Dengan memanfaatkan internet, periset dapat menghemat banyak waktu, tenaga, dan biaya guna memperoleh data yang sedang dicari. Ini berarti sang periset tidak perlu repot-repot lagi datang kekantor atau janjian bertemu dengan orang yang ingin ia riset.

Kelemahan dari data eksternal adalah jika kita menggunakan internet, kita belum tahu pasti bahwa data yang kita cari adalah valid atau tidak. Dan terlebih internet yang sangat banyak jumlahnya dan mudah diakses. Ini memungkinkan sulitnya alasan yang menyangkut kelayakan data untuk dipercaya.

DAFTAR PUSTAKA :


  1. https://books.google.co.id/Riset Bisnis Panduan Bagi Praktisi & Akademisi oleh Dermawan Wibisono
  2. https://books.google.co.id/Dasar-dasar Riset Pemasaran. Edisi 4, jilid 1
  3. http://eprints.ung.ac.id/813/7/2013-2-88209-341408024-bab3-09012014064403.pdf
  4. R. Soedijono. 2008. Suplemen Kuliah: “Metode Riset Bisnis”. Universitas Gunadarma. Jakarta.
  5. hendri.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/.../DATA+SEKUNDER




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3rd ASSIGNMENT (Bahasa Inggris Bisnis 2)

Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Sidik Jari

MAKALAH TOOLS IT FORENSIK