Macam-macam Software Animasi


Macromedia Flash

Macromedia flash adalah sebuah program software yang berfungsi untuk membuat animasi dua dimensi yang sangat handal dibandingkan dengan program lain. Kehandalannya ialah ukuran file hasil animasi yang kecil. macromedia flash tidak hanya digunakan untuk membuat animasi melainkan juga digunakan membuat menu interaktif, dan membuat presentasi software.
Pengertian dari animasi adalah gerakan suatu objek yang disusun sedemikian rupa sehingga menarik perhatian orang yang melihatnya. Pada macromedia flash memberikan kemudahan untuk membuat gerakan-gerakan objek yang menyerupai video klip yang dapat dirangkai dengan suara.
Animasi yang dapat dibuat pada macromedia flash dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain :
1.      Animasi frame by frame,  adalah animasi yang dibuat hanya dengan menggunakanberbagai frame dalam satu layer ataupun antar-layer. Lama tidaknya sebuah animasi dijalankan sangat bergantung dari jumlah frame.
2.      Animasi motion tween, merupakan bentuk animasi yang paling mendasar pada macromedia flash 8. Animasi ini digunakan untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lain.
3.      Animasi shape tween, animasi perubahan bentuk. Dalam pembuatan animasi ini dibutuhkan blank keyframe yaitu sebuah frame kosong yang akan digunakan untuk menambahkan bentuk objek yang berbeda pada keyframe sebelumnya.

Manfaat dan kegunaan Software Macromedia Flash
1.      Iklan Animasi : aplikasi Macromedia Flash sangat cocok dan pas sebagai alat pembuat animasi seperti contoh untuk membuat kartu ucapan yang gerak atau online,iklan gerak,kartun dan masih banyak lagi di dalam aplikasi ini banyak di sediakan elemen animasi yang sangat lengkap dan detail.
2.      . Game : aplikasi Macromedia Flash juga mampu di pergunakan sebagai alat membentuk game dua dimensi game yang nantinya akan menggabungkan animasi flash yang akan di gabung dengan actionscript akan membuahkan hasil game yang modern.
3.      User Interface : aplikasi Macromedia Flash dapat di pergunakan untuk membangun flash aplikasi yang biasanya dengan basis web yang nantinya akan di lengkapi dengan berbagai navigasi yang sangat sederhana.
4.      Flexible Messaging Area : aplikasi Macromedia Flash mampu di rancang untuk membuat atau menampilkan pesan yang selalu berubah setiap wakti di dalam web page seperti wesite yang selalu menampilkan menu atau data terus berubah alias selalu update seperti website jualan atau restoran.

Pada program Macromedia Flash  dikenal istilah symbol. Symbol adalah objek yang nantinya akan dijadikan sebuah animasi. Agar sebuah objek dapat dianimasikan, maka objek tersebut harus dijadikan sebuah simbol dengan perintah convert to symbol. Ketiga tipe simbol tersebut yaitu (1) Graphic, digunakan untuk gambar statis dan untuk membuat potongan-potongan animasi yang terangkum pada timeline. Kontrol interaksi dan suara tidak dapat bekerja di dalam animasi simbol graphic. (2) Button, digunakan untuk membuat tombol interaksi di dalam yang mampu merespon aksi mouse. (3) Movie clip, digunakan untuk membuat bagian animasi. movie clip mempunyai timeline dengan multiframe sendiri. movie clip dapat berisi kontrol interaktif, suara, maupun movie clip lainnya.

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN
Kelebihan Program Aplikasi Adobe Macromedia Flash
  1. Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
  2. Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik.
  3. Kebutuhan hardware yang tidak tinggi.
  4. Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permainan, aplikasi web dan handphone.
  5. Dapat ditampilkan di berbagai media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
  6.  Adanya Actionscript. Dengan actionscript anda dapat membuat animasi dengan menggunakan kode sehingga memperkecil ukuran file. Karena adanya actionscript ini juga Flash dapat untuk membuat game karena script dapat menyimpan variable dan nilai, melakukan perhitungan, dsb. yang berguna dalam game. Selain itu, Flash adalah program berbasis vektor.
Kelemahan-kelemahan yang ada di Microsoft power point, seperti penambahan sebuah animasi yang lebih beragam dan menarik serta pengaturan navigasi  yang lebih kompleks  akan bisa diatasi apa bila kita menggunakan Program Macromedia Flash.  Macromedia juga menjadi salah satu alternatif didalam pembuatan animasi bergerak yang kemudian kita kenal dengan istilah kartun. Dengan program ini kita bisa berkreasi  sesuai dengan  selera serta imajinasi, satu hal lagi yang menjadi kehandalan program ini adalah memungkinkan penanbahan sebuah program database, walau sebenarnya ini tidak terlalu penting didalam pembuatan presentasi.

Sistem operasi :
Microsoft Windows , Mac OS X , Linux , Solaris , Symbian , Windows Mobile , Ubuntu Netbook Edition (Optional), Maemo.

Persyaratan Hardware :
Intel ® Pentium ® 4 3.2GHz prosesor (dual prosesor Intel Xeon ® direkomendasikan), 2GB RAM (4GB disarankan), 1Gb Ethernet card

Sistem operasi yang didukung :
While Adobe® Flash® Media Server runs on 64-bit hardware, it requires a 32-bit operating system or a 64-bit operating system that supports 32-bit programs. Sementara Adobe ® Flash ® Media Server berjalan pada perangkat keras 64-bit, hal ini memerlukan sebuah sistem operasi 32-bit atau sistem operasi 64-bit yang mendukung program-program 32-bit.

Autodesk 3D Studio Max

Autodesk 3D Studio Max sebelumnya 3D Studio MAX saja, adalah pemodelan, animasi dan paket rendering yang dikembangkan oleh Autodesk Media dan Entertainment. Memiliki kemampuan model, arsitektur plugin yang fleksibel dan dapat digunakan pada platform Windows Microsoft.
Hal ini dapat digunakan oleh pengembang permainan video, studio TV komersial dan studio visualisasi arsitektur. Hal ini juga digunakan untuk efek film dan pra-visualisasi. Selain model dan alat animasi, dengan versi terbaru dari 3ds Max juga fitur shader canggih (seperti ambient occlusion dan subsurface scattering), simulasi dinamis, sistem partikel, radiosity, peta penciptaan normal dan rendering, pencahayaan global, intuitif dan semuanya disesuaikan keinginan pengguna, dan bahasa scriptnya sendiri.


Spesifikasi komputer :

  1. 32-Bit 3ds Max 2011 atau 3ds Max Design 2011 untuk Windows. Sistem operasi: Microsoft ® Windows ® 7 Professional, Microsoft ® Windows Vista ® Business (SP2 atau yang lebih tinggi), atau Microsoft ® Windows ® XP Professional (SP2 atau yang lebih tinggi)
  2. Untuk animasi umum dan rendering (biasanya kurang dari 1.000 benda atau 100.000 polygons):
  3. Intel ® Pentium ® 4 1,4 GHz atau AMD ® setara prosesor SSE2
  4. 2 GB RAM (4 GB recommended) 2 GB RAM (4 GB direkomendasikan) 
  5. 2 GB swap space (4 GB recommended) 2 GB swap space (4 GB direkomendasikan) 
  6. 3 GB free hard drive space 3 GB free hard drive space 
  7. Direct3D® 10 technology, Direct3D 9, or OpenGL®-capable graphics card(256 MB or higher video card memory, 1 GB or higher recommended) Direct3D ® 10 teknologi, Direct3D 9, atau kartu grafis mampu ®-OpenGL (256 MB atau lebih tinggi kartu memori video, 1 GB atau lebih tinggi direkomendasikan). 
  8. Three-button mouse with mouse driver software Tiga-tombol mouse dengan perangkat lunak driver mouse 
  9. DVD-ROM drive
  10. Microsoft® Internet Explorer® 7.0 or higher or Mozilla® Firefox® 2.0 or higher browser Microsoft ® Internet Explorer ® 7.0 atau yang lebih tinggi atau Mozilla ® Firefox ® 2.0 atau yang lebih tinggi browser 
  11. Internet connection for web downloads and Autodesk® Subscription-aware access Koneksi internet untuk download akses web dan Autodesk ® Berlangganan-aware

Kegunaan Autodesk 3D Studio :
1.      Dapat menunjukkan kepada pelanggan potensial, departemen lain atau atasan anda tentang ide-ide atau produk baru secara lebih jelas untuk mendapatkan tanggapan mereka sebelum memasuki proses produksi sehingga banyak biaya dan waktu yang dapat anda hemat.
2.      Dapat menjual sebuah produk terlebih dahulu sebelum produk selesai diproduksi, karena telah anda visualisasikan secara nyata, tepat dan berpresisi mendekati wujud akhirnya melalui 3d.
3.      Dapat membantu anda dalam memvisualisasikan proyek arsitektur 

Kelebihan Autodesk 3D Studio :
Merancang Interior, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin, Merancang Listrik. Membuat 3D yang menakjubkan dengan Autodesk 3ds Max software. Pemodelan 3D dengan fitur lengkap, animasi, dan solusi rendering untuk menghasilkan game terlaris dan film pemenang penghargaan atau konten video. Ini adalah alat pilihan untuk cepat menghasilkan karakter realistis, efek CG mulus, rahang-menjatuhkan permainan, dan juga film. Toolsets Enhanced memungkinkan Anda untuk menciptakan lingkungan 3D dengan kompleks.


Kekurangan Autodesk 3D Studio :

Kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lama dan mungkin membosankan. 

Adobe After Effects            


Adobe After Effects adalah produk peranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. Pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe.
Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam-macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan objek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.
Adobe After Effects memiliki fitur-fitur penting, misalnya Adobe After Effects memiliki alat untuk membuat Shape (seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop). Pada Adobe After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe Flash (cara menganimasikannya juga hampir sama). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain.
Adobe After Effect memiliki fitur-fitur yang sangat penting seperti membuat shape nah disini ada beberapa fitur adobe after effect :
1.      Resolution yaitu untuk menentukan hasil gambar yang akan dibuat nantinya, didalamnya terdapat berbagai pilihan diantaranya, Full, Half, Third, Quarter, dan Custom.
2.      Frame Rate yaitu perhitungan frame per second
3.      Preset yaitu ukurang yang akan digunakan pada project anda (kalau anda memilih preset maka akan mempengaruhi “Width And Height” secara otomatis akan muncul sesuai yang anda pilih).
4.      Start Time Code yaitu jika anda mengakses project dengan menulis 0.00.01.00, maka pembuatan project anda akan mulai pada menit ke 1.
5.      Opacity yaitu untuk mengatur image menjadi transparan
6.      Scala yaitu untuk mengecilkan atau memperbesar image
7.      Position yaitu untuk menggeser dari arah samping kanan atau kiri atau juga bisa dari atas kebawah.
8.      Anchor Point yaitu untuk menggeser image tetapi tidak berjalan.
9.      Rotation yaitu untuk membuat image berputar
10.  Duration yaitu untuk menentukan akhir waktu project yang dikerjakan.

Kebutuhan Sistem :
  1. prosesor multicore Intel dengan dukungan 64-bit
  2. Microsoft® Windows® 7 dengan Service Pack 1 (64 bit), Windows 8 (64 bit), Windows 8.1 (64 bit), atau Windows 10 (64 bit)
  3. 4GB RAM (8GB direkomendasikan)
  4. 5GB ruang hard-disk yang tersedia; ruang kosong tambahan diperlukan selama instalasi (tidak dapat menginstal pada perangkat penyimpanan removable flash)
  5.  ruang disk tambahan untuk cache disk (10GB disarankan)
  6. 1280x1080 display
  7. Opsional: kartu GPU Adobe-bersertifikat untuk ray-ditelusuri renderer 3D GPU-accelerated
  8.  koneksi internet dan pendaftaran diperlukan untuk aktivasi diperlukan software, validasi langganan, dan akses ke layanan online. *
Kesimpulan :
Saya memilih untuk menggunakan macromedia flash karena selain lebih mudah digunakan, macromedia flash juga dapat langsung dipahami oleh seseorang pemula atau yang baru mempelajari pembuatan animasi.

DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3rd ASSIGNMENT (Bahasa Inggris Bisnis 2)

KEBEBASAN BERKOMUNIKASI DAN MEMPEROLEH/MENYAMPAIKAN INFORMASI

Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Sidik Jari