Organisasi Yang Terdapat di Lingkungan Sekolah




FORUM KESISWAAN (FORKES)
Organisasi adalah suatu kelompok manusia yang berada dalam suatu wadah dan mempunyai visi dan misi yang sama agar mencapai tujuan bersama.
Terdapat beberapa organisasi yang ada disekolah saya misalnya KIR, OSIS, FORKES, VOLLY, BASKET dll. Dulu disekolah saya mengikuti satu organisasi atau ekstrakulikuler FORKES (Forum Kesiswaan), FORKES adalah organisasi yang tepat berada dibawah OSIS. Biasanya para siswa yang ingin menjadi anggota osis harus mengikuti forkes terlebih dahulu.
Tujuan dari dibentuknya forkes adalah:
1.      Menciptakan rasa percaya diri kepada siswa/siswi.
2.      Memberikan kepercayaan kepada siswa/siswi agar dapat melaksanakan hal apapun.
3.      Agar terciptanya visi dan misi seorang siswa dalam menjalankan kegiatan.
4.      Menimbulkan rasa kebersamaan yang dimiliki oleh sesama anggota organisasi.
Didalam forkes dibagi beberapa jabatan, dan pada forkes saya mendapatkan jabatan sebagai Humas. Ya dapat kita ketahui Humas adalah Hubungan Masyarakat. Humas disini fungsinya untuk mempublikasikan sesuatu acara yang akan diadakan oleh forkes ini. Beberapa acara yang telah diadakan oleh forkes ini ada beberapa yaitu Cup, Pensi, Demo Ekstrakulikuler, Interview antar anggota dan Pengukuhan.
Pensi yang pernah diadakan oleh forkes juga bekerja sama dengan antar organisasi yang lainnya. Dan disini tugas saya menyebar formulir kebeberapa sekolah agar sekolah lain dapat mengetahui bahwa sekolah saya sedang mengadakan Cup dan sekolah lain dapat tergugah untuk mengikuti acara Cup disekolah saya. 
Setelah acara 59 Cup selesai, acara penutupnya adalah Pensi, dalam Pensi ini tugas saya sebagai Humas adalah menyebar beberapa brosur dan menjualkan tiket pre-sale kepada kerabat saya terdekat agar bisa datang juga dalam pensi sekolah saya. Foto dibawah ini adalah foto brosur acara pensi disekolah saya.
Kemudian setelah Pensi diadakan, organisasi Forkes ini mengadakan interview antar anggota. Ini dilakukan agar kita dapat mengetahui berapa besar kemampuan kita dalam melakukan suatu organisasi dan berapa besar kemampuan kita agar pantas menjadi anggota dari osis yang sesungguhnya. Memang dalam forkes ini sudah bisa disebut seperti organisasi osis, namun bedanya disini kita belum memiliki jabatan yang tetap dan belum dilantik oleh alumni dan para guru. Foto dibawah ini adalah anggota dari organisasi Forkes.

Acara interview sudah berakhir, acara yang terakhir yang diadakan dalam organisasi saya adalah Pengukuhan. Acara pengukuhan disini dapat disebut juga seperti acara pelantikan untuk anggota forkes agar dapat berubah menjadi anggota osis. Didalam acara ini banyak beberapa hal yang harus dilewati yaitu seperti uji asa wawasan, kemampuan, keberanian dan tanggung jawab. Didalam acara ini kita juga harus mempunyai visi dan misi tersendiri mengapa kita ingin menjadi anggota osis dan apa motivasi kita sehingga mengikuti organisasi forkes. Dan kita juga ditanya jabatan apa yang kita inginkan dalam osis dan alasan kita mengapa ingin jabatan tsb. Kita harus menjawab dengan berani, karena apabila kita menjawab ragu-ragu maka kita tidak akan dilantik menjadi anggota osis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3rd ASSIGNMENT (Bahasa Inggris Bisnis 2)

Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Sidik Jari

MAKALAH TOOLS IT FORENSIK