MANUSIA DAN CINTA KASIH

1. MANUSIA
Manusia merupakan makhluk tuhan yang paling sempurna yang diciptakan tuhan. Manusia juga diberi akal pikiran oleh Tuhan sebagai pembeda dari makhluk lainnya. Manusia adalah individu yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain dalam kelangsungan hidupnya. Manusia diciptakan berbagai bangsa untuk saling kenal dan mengenal.

Hadist : ‘Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu dapat saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.’
Manusia adalah makhluk monopluralis, maksudnya makhluk yang memiliki banyak unsur kodrat (plural), tetapi merupakan satu kesatuan yang utuh (mono). Jadi, manusia terdiri dari banyak unsur kodrat yang merupakan satu kesatuan yang utuh.

Manusia disebut satu kesatuan yang utuh karena manusia mempunyai pikiran, akal, potensi dalam diri yang dimiliki berbeda-beda setiap manusia. Utuh dalam kata diatas adalah manusia mempunyai segala hal yang telah diciptakan oleh Tuhannya dan tidak dimiliki oleh makhluk hidup lain. Karena itulah akal pikiran manusia diberi agar sebagai pembeda dari makhluk hidup lainnya.

2. CINTA KASIH
Cinta adalah sebuah perasaan yang tidak ada seorangpun bisa mengetahui kapan datangnya, bahkan sang pemilik perasaan sekalipun. Cinta juga perasaan yang dapat menumbuhkan rasa semangat karena apabila kita telah merasakan cinta tersebut kita dapat bersemangat dalam melakukan hal apapun apabila hal tersebut dilakukannya didasarkan dengan cinta.
Kasih adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Cinta dan kasih mempunyai definisi yang hampir sama namun kasih tidaklah terlalu mendalam karena apabila kita mengasihi orang tersebut belum tentu kita mencintai orang itu.
Cinta kasih dapat digabungkan, definisi dari cinta kasih ini hampir sama dengan definisi cinta namun cinta kasih selain didasari perasaan suka dan sayang ini juga didasari oleh perasaan belas kasihan. Cinta memiliki beberapa macam, yaitu:
Cinta memiliki beberapa macam yaitu :
1.       Cinta Diri Sendiri
Cinta diri sendiri adalah perasaan manusia terhadap dirinya sendiri, contohnya bisa juga dibilang seseorang merawat jasmani maupun rohaninya
2.       Cinta Kepada Allah
Dapat disebut juga perasaan kepada tuhannya sendiri, contoh dari cinta kepada allah ini dapat disebut pemujaan/ibadahnya seseorang kepada tuhannya
3.       Cinta Erotis
Cinta erotis adalah cinta yang diunsuri perasaan yang mendalam dan didasari juga oleh nafsu
4.       Cinta Keibuan
Cinta keibuan adalah perasaan seseorang ibu terhadap anaknya, biasanya cinta ini juga berasal dari batin seorang ibu dan anaknya. Dan cinta keibuan ini dapat dirasakan apabila seseorang telah beranjak dewasa dan telah memiliki anak
5.       Cinta Persaudaraan
Cinta ini didasari dari perilaku dan tingkah laku.

Referensi :
1. Al-Qur’an (Q.S AL-HUJURAAT AYAT 13)
2. Dirto Hadisusanto. Tahun 1995. Pengantar Ilmu Pendidikan halaman 27.

3 Harlis Kurniawan. Tahun 2009. Revolusi Cinta halaman 46.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3rd ASSIGNMENT (Bahasa Inggris Bisnis 2)

Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Sidik Jari

MAKALAH TOOLS IT FORENSIK