MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab adalah satu hal yang sangat penting. Dengan tanggung jawab dapat terlihat mana orang yang dapat dipercayai dan mana yang tidak. Seperti yang tertulis pada ayat al qur’an yaitu: Dan kalau Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikan kamu satu umat (saja), tetapi Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan.’ (16: 93)

Pada ayat ini dijelaskan bahwa Allah Swt tidak akan menghalangi orang-orang yang memilih jalan yang sesat dan tidak memilih dari jalan yang benar. Demikian juga, orang-orang yang memilih jalan kebenaran, Allah akan membantu mereka melewati jalan yang benar ini. Perlu diketahui bahwa Allah memberi kebebasan untuk memilih jalan ini yang tidak termasuk bentuk atas tanggung jawab. Manusia harus bertanggung jawab atas apa yang mereka pilih. Manusia tidak dipaksa untuk memilih sesuatu. Setiap orang berhak menentukan pilihannya baik itu jalan kebenaran atau kesesatan. Tapi tanggung jawab, pahala dan siksa tetap pada posisinya.

Apabila nantinya kita telah menyesal karena kita telah memilih jalan yang salah, kita tidak dapat mengubah jalan tersebut karena itu sudah menjadi tanggung jawab kita sendiri. Sesungguhnya arti dari tanggung jawab mempunyai makna yang luas. Bisa tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap amanat orang lain. Tanggung jawab terhadap orang tua, dan tanggung jawan kepada Allah. Contoh dari tanggung jawab adalah apabila kita dititipkan suatu amanat dari orang lain, dan kita tidak menjalankan amanat tersebut maka kita disebut orang yang tidak tanggung jawab. Begitu juga sebaliknya, apabila kita menjalankan amanat tersebut maka kita disebut orang yang bertanggung jawab.

Referensi:
1. Al-Qur’an (Q.S AN-NAHL AYAT 93)

2. Muhammad Ali. Tahun 2000. Cahaya Al-Quran (volume4).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3rd ASSIGNMENT (Bahasa Inggris Bisnis 2)

Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Sidik Jari

MAKALAH TOOLS IT FORENSIK